Tuesday, April 26, 2011

Memulai Hari dengan Senyum

Kata orang senyum adalah ibadah. Sapaan berupa sunggingan tulus kepada orang lain sebagai hadiah akan membuat Anda merasa jauh lebih baik ketika memulai kegiatan setiap hari. Mengapa? Sebab orang-orang yang Anda hadiahi tersebut akan membalas minimal hal yang sama. Dan sapaan senyumnya itu merupakan ‘vitamin’ yang bisa memperkuat daya tahan tubuh Anda, sehingga mampu melakukan rutinitas dengan damai di hati.
Lalu siapa orang yang tepat Anda hadiahi senyum?
Mulailah dari orang-orang di sekitarnya Anda, seperti suami atau istri, anak-anak, dan pembantu Anda. Senyumlah pada mereka di pagi hari, saat pertemuan yang singkat di pagi hari. Sebuah kalimat yang motivasi seperti, “Nanti beri angka 100 lagi untuk Bahasa Inggrismu, ya” sangat boleh diucapkan. Anak-anak akan tahu betapa kerja kerasnya akan menyenangkan hati Anda. Suami atau istri pun demikian. Senyuman dan ciuman akan sangat berarti.
Nah, setelah itu Anda keluar rumah dengan senyum yang sama. Tebarkan kepada orang-orang yang sering Anda temui di tempat kerja atau ‘teman seperjalanan’ di kendaraan umum.
Senyum bukan saja hadian buat mereka yang bertemu Anda, tapi juga hadiah bagi Anda sendiri. Tidak percaya? Inilah hal-hal yang bisa Anda dapatkan dari sebuah senyum yang Anda lemparkan pada orang lain:
1. Membuat orang lain tersenyum
Orang yang baik pasti akan membalas senyum Anda. Hal ini membuka peluang untuk sebuah perkenalan. Sedangkan senyum bagi mereka yang Anda kenal akan memperbaik hubungan dan bahkan sangat mungkin berlanjut ke persahabatan.
2. Bisa mengurangi stres
Psikolog menyarankan, ketika Anda merasa sedih dan tak bergairah, lemparkan saja sebuah senyum. Dampaknya akan luar biasa, sebab Anda akan sedikit lupa pada kesusahan dan ingin melanjutkan hari dengan perasaan yang lebih baik.
3. Menurunkan tekanan darah
Seiring dengan turunnya ketegangan, maka tekanan darah pun akan turun. Mungkin itulah gunanya nasihat, jangan simpan amarah Anda, tapi keluarkan dalam bentuk positif. Tersenyumlah!
4. Meredakan sakit secara alami
Berbagai hasil studi menunjukkan, senyum dapat merangsang pengeluaran endorfin dan serotonin, yang merupakan pereda rasa sakit alami.
5. Lebih rileks
Tentu saja semua hal positif tersebut akan membuat Anda merasa lebih rileks. Dan jika merasa santai, Anda akan mampu melakukan tugas dengan baik dan damai juga. 
 (dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment