Tuesday, April 26, 2011

Belajar dan Bermain Bersama Anak



Sering kita dengar bahwa karir tertinggi seorang wanita adalah menjadi ibu rumah tangga.  Mengurus dan  memperhatikan anak adalah salah satu tugas pokok yang dipegang.  Dari cerita beberapa teman, mengurus anak adalah pekerjaan yang menyenangkan. Tetapi kadang-kadang mereka juga ingin keluar dari rutinitas dan ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Hal ini disebabkan karena waktu dilalui dengan kegiatan yang sama dari hari ke hari.
Sebenarnya bagi Ibu-ibu yang memiliki anak yang belum sekolah, masih banyak kesempatan untuk bisa meluangkan waktu bersama anak sekaligus mengajarkan kepada anak tentang suatu hal dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Seperti diambil dari buku Permainan Cerdas untuk anak usia 2-6 tahun, kegiatan di bawah ini bisa dipraktekkan di rumah bersama buah hati.
Membuat Daftar  [Kegiatan untuk anak umur: 3-4 tahun dilakukan di dalam ruang.]
Anak-anak belajar menulis bersamaan dengan saat dia mulai belajar menggambar. Cari garis-garis kecil dalam coretannya dan sebutlah bahwa itu tulisannya. Dengan cara ini, dia akan terdorong untuk menulis daripada menggambar.
Apa yang di lakukan? Saat Anda membuat daftar belanja, berikan pulpen dan secarik kertas pada anak agar dia dapat membuat daftarnya sendiri. Dia tidak perlu membuat ‘tulisan sebenarnya’. Bila Anda memotivasinya, lambat laun dia akan mengubah coretannya menjadi tulisan. 
Lihatlah coretannya dan tunjukkan huruf yang telah dibuatnya secara tidak sengaja: “Lihat, kamu sudah bisa menulis huruf n dengan benar.” Dia akan merasa bangga, dan ketika dia menulis lagi, mungkin dia akan berusaha mencari huruf n. Selanjutnya, dia mungkin akan menulisnya dengan sengaja.  
Dengan dorongan semangat, dia akan mulai menulis perlahan-lahan. Biarkan dia melanjutkan dengan kecepatannya sendiri. Puji huruf-huruf yang dihasilkan, tapi jangan menganggap remeh coretannya. Bila merasa dihargai, dia cenderung akan terus melanjutkan. Sebaliknya, dia akan berhenti kalau merasa tidak mampu untuk terus melakukannya. 
Nah, silahkan dicoba kegiatan diatas bersama anak. Pasti menyenangkan. Siapa tahu, Anda memiliki ide lain untuk belajar sekaligus bermain bersama anak. Dan menjadi ibu rumah tangga, bukanlah sesuatu yang menjemukan lagi.

No comments:

Post a Comment