Thursday, August 26, 2010

---KOPI---

Kata “Coffee” merupakan turunan dari bahasa Arab “Kahwah” yang secara linguistis terdengar seperti “Kaffa”, nama provinsi di Ethiopia sebagai daerah asal tanaman kopi. Pada abad ke 16 perkebunan kopi ditemukan di dataran tinggi Yaman, Arab. Setelah seorang duta besar Turki memperkenalkan kopi ke pengadilan Raja Louis XIV pada tahun 1669, dengan cepat kopi menyebar ke bangsa Eropa.Beberapa tahun kemudian, bangsa Belanda memperkenalkan kopi ke pulau Jawa.
Varietas kopi banyak sekali. Varietas yang paling populer adalah kopi Arabica dan kopi robusta. Masing-masing kopi memiliki kandungan rasa, aroma, kafein, dan karakteristik lain yang berbeda.
Kandungan gizi Kopi
Zat penting yang terdapat dalam kopi adalah kafein. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Kafein dalam tubuh mengambil alih reseptor adenosin dalam sel saraf yang akan memacu produksi hormone adrenalin. Kafein tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga lama kelamaan sel-sel tubuh tidak akan bekerja terhadap perintah adenosine dan kafein akan membalikkan semua kerja adenosine sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebih lebar, jantung berdetak lebih cepat, tekanan arah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
Kandungan kafein pada kopi adalah 1-1.5%, sedangkan pada teh sekitar 1-4.8%, dan pada biji kola sebanyak 2.7-3.6%. Jadi biasanya dalam secangkir kopi mengandung sekitar 80-125 mg kafein.
Kandungan zat gizi dalam 100 gram berat kering
Energi 352 kal
Protein 17,4 gr
Lemak 1,3 gr
Karbohidrat 69 gr
Kalsium 296 mg
Fosfor 368 gr
Zat besi 4,1 mg
Manfaat Kopi
  • Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin
  • Dalam dosis rendah kafein berfungsi untuk pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit
  • Mengurangi derita sakit kepala. Menurut Seimur Diaond M,D. dari Chicago’s Diamond Headache Clinic, penderita migraine ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau black tea
  • Melindungi sakit kelopak mata
Kerugian Kopi
  • Mengurangi kadar vitalitas tubuh. Hal ini karena setengah dari kandungan kafein yang dikonsumsi masih bertahan beberapa jam di dalam tubuh mata ditahan untuk tidak terejam selama beberapa waktu
  • Bila ketergantungan, sekali saja terlepas dari stimulasinya tubuh akan terasa lemas, mudah lelah, dan depresi
  • Meningkatkan resiko stroke. Minum lebih dari 5 gelas kopi sehari akan meningkatkan resiko terjadinya perdarahan sub araknoid aneurisma atau kerusakan atau kerusakan pada dinding pembukuh darah yang enyebabkan penggelembungan pada pembuluh darah
  • Pada wanita hamil, kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan metabolisme pada tubuh ibu yang dampak akumulatifnya adalah stress, insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang, dan cepat marah.
  • Dampak kafein pada janin adalah terjadinya berat bayi lahir rendah dan dampak terberatnya adalah keguguran

No comments:

Post a Comment