Sunday, October 31, 2010

---Menjadi Diri Sendiri---




“Jadilah diri sendiri!”
Mungkin kita sudah bosan mendengar nasihat seperti di atas. Tetapi jika ingin memiliki pribadi yang disukai banyak orang, maka kita harus menjadi diri sendiri, bukan pribadi “tiruan” karena kita selalu “mencontek” apa yang dilakukan orang lain.
Bagaimana sih menjadi diri sendiri? Gampang-gampang susah  memang menjadi diri sendiri, yang mempunyai kelebihan dan keunikan dibanding orang lain. Namun faktanya, kita bisa menjadi diri sendiri, kita bisa memiliki kelebihan di bidang yang kita geluti dan memancarkan keunikan karena kita berbeda dari orang lain. Bagaimana caranya?
  • Syukuri apa pun keadaan kita saat ini
Kita harus percaya bahwa sebagai manusia, kita dikaruniai keunikan, kelebihan dan talenta untuk hidup dan berkembang. Dan, kita harus mensyukurinya, lalu menggunakan karunia itu untuk menciptakan keberhasilan dan kebahagiaan dengan cara kita sendiri. Bila kita senantiasa bersyukur dan menjadi diri sendiri, orang lain akan senang berinteraksi dengan kita.
  • Yakin pada apa yang kita perbuat
Selama perbuatan kita baik dan memancarkan kasih pada sesame, kenapa kita harus takut untuk memulainya? Yakin pada apa yang kita perbuat akan memudahkan kita menjadi diri sendiri. Kita tidak akan memerlukan banyak pertimbangan dari orang lain, karena kita mampu mempertimbangkan dari orang lain, karena kita mampu mempertimbangkan dengan matang sesuai keinginan kita. Bukankah sering meminta pertimbangan orang lain juga akan membuat mereka kesal pada kita? Jadi, yakinlah pada apa yang kita perbuat supaya kita selalu menjadi diri sendiri di jalan kesuksesan kita.
  • Miliki standar penilaian untuk diri sendiri
Orang yang tepat untuk menilai diri kita adalah kita sendiri. Orang lain memang dapat menilai kita, namun ketepatannya tidaklah sama bila kita yang menilai diri sendiri. Ini karena kita sangat mengenal “siapa diri kita yang sesungguhnya.” Tidak pernah mengandalkan penilaian orang lain akan mempengaruhi jalan kesuksesan kita. Kita adalah penentu jalan keberhasilan itu dan kita pula yang memiliki cara tersendiri untuk mewujudkannya.
Dengan menjadi diri sendiri, kita akan menjadi pribadi yang menyenangkan untuk diri sendiri dan juga orang lain yang berinteraksi dengan kita. Bahkan, mitra bisnis, rekan kerja, dan keluarga kita akan dengan senang hati meminta saran karena kecerdasan dan kecepatan kita dalam menyampaikan ide maupun gagasan orisinal kita.

No comments:

Post a Comment