Sunday, September 19, 2010

---istilah dalam informatika (P)---

berikut ini adalah beberapa istilah dalam dunia informatika

package
Paket. Unit transmisi data di Internet. Paket berisi data yang dikirim, digabung dengan informasi tambahan, seperti alamat  pengirim dan penerima.

Package switch
Perangkat WAN yang mengalihkan paket melalui jalur yang paling efisien dan memungkinkan kanal komunikasi untuk bagipakai oleh banyak koneksi. Sebelumnya disebut IMP.

Page
Halaman. Unit terkecil virtual address space. Ruang alamat maya proses merupakan kelipatan page yang berukuran sama.

Pagelayout
Proses menata teks dan grafika  pada halaman dokumen. Program page layout menonjol dalam penataan teks dan pengaturan efek khusus yang dikenakan pada teks, dan menyerupai program pengolah kata.

Paragraph
Alinea, pengaturan dokumen. Bagian dokumen pada pengolah kata dengan satu tanda paragraf pada awal dan akhir teks. Bagi program, paragraf merupakan satu unit informasi yang dapat dipilih sebagai satu kesatuan atau diberi format yang berbeda.

Parameter
Nilai yang mengikuti sebagai acuan. Keterangan atau informasi yang dapat menjelaskan batas-batas atau bagian-bagian tertentu dari suatu sistem.

Part
Bagian, sebagian

partition
Penyekatan, pemisahan, pembagian. / Pembagian harddisk menjadi beberapa bagian yang digunakan untuk mempermudah manajemen file. / Penyekatan, pemisahan, pembagian. Pembagian harddisk menjadi beberapa bagian yang digunakan untuk mempermudah manajemen file.

Pascal
Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer. Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Belakangan, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi.

Password
kata sandi, kode rahasia. Biasanya digunakan dalam jaringan pc atau dalam akun-akun yang ada

paste
Menempelkan hasil copy yang telah dimuat di memori.

Patch
Metoda untuk mengadakan perubahan program dengan jalan memodifikasi program tersebut.

Pattern
Disain, pola, corak, contoh, susunan.

Pc card
Kartu PC, kartu yang digunakan untuk memberikan kemampuan lebih dari komputer. Bentuk PC Card ini bermacam macam, ada yang berbentuk rangkaian elektronik yang dikenal dengan Adapter Card dan kartu yang berukuran kartu kredit. Kartu yang berukuran kartu kredit ini dikenal dengan PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), biasanya PCMCIA ini digunakan pada notebook.

PDA
Fungsi seorang seorang sekretaris atau seorang asisten dapat diganti dengan memiliki sebuah hp komunikator. HP ini dilengkapi dengan fasilitas yang multifungsi.

Peer
Dalam istilah jaringan Peer merupakan rekan sekerja.

Peer to peer
Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server. Dalam model ini, tiap pesertanya memiliki kapabilitas yang sama dan tidak seorangpun dari peserta dapat memulai suatu sesi komunikasi tersendiri.

Pentium
Prosessor hasil diproduksi oleh Intel. Prosesor ini memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari prosesor superscalar sebelumnya, yaitu 486. Pentium memiliki 32-bit 486-integer pipelines dengan kemampuan untuk selalu melakukan pengecekan terhadap proses yang ada di pipelines tersebut. Kemampuannya dapat mengekseskusi sekaligus dua intruksi persaat. Intel memiliki pipeline untuk floating point dan melakukan brach prediction. Cache yang dimiliki adalah 16 kilobyte yang terdapat pada prosesor tersebut, kemudian 64-bit memory interface. Prosesor ini memiliki sebanyak 3,1 juta transistor dengan ukuran sebesar 262,4mm^2, dengan 2,3 juta transistor logic. Clock rate prosesor ini adalah 66MHz. Prosesor ini disebut pentium karena angka 5 yang ada pada generasinya, yaitu 80586. Peraturan yang berlaku di Amerika tidak memperbolehkan angka menjadi trade mark. Kelanjutan dari prosesor ini adalah Pentium II dna Pentium Pro.

Performance
Penampilan, dayaguna, hasil, prestasi, pegelaran, kinerja dari suatu sistem perangkat atau object lainnya.

Peripheral
Perangkat input/output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. seperti printer, modem, scanner atau termasuk juga kamera digital.

Personal computer
Komputer yang bisa dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, komputer berwujud cukup besar, sehingga hanya dimiliki oleh perusahaan. PC ini muncul pertama kali pada tahun 1975, yang bernama Altair, diproduksi oleh MITS  (Micro Instrumentation Telemetry System) of Albuquerque, New Mexico, dengan pemroses Intel 8080 8 bit  dan memori 256 byte, tanpa keyboard, layar, tape atau disk, yang dilepas kepasar waktu itu seharga US$ 400. Komputer ini ditujukan untuk penggemar (hobbyist) elektronika. Pada komputer ini, Bill Gates menulis interpreter BASIC. Sistem Operasi yang ada adalah CP/M dari Digital Research

php
bahasa pemrograman untuk dijalankan melalui halaman web, umumnya digunakan untuk mengolah informasi  di internet.

Physical devices
Berupa perangkat fisik, dimana masing-masing perangkat ini berfungsi  untuk suatu pekerjaan khusus. Physical devices ini terdiri dari integrasi circuit chips, kabel  (wires), power supplies, cathode ray tubes (CRT) dan perangkat lainnya.

Pico
Suatu notasi untuk menyatakan bilangan satu triliun, sepuluh pangkat 12.

Piracy
Kegiatan melakukan pembajakan atau menggandakan sesuatu dengan cara melanggar hukum

Plug-in
Program tambahan untuk browser atau program lainnya. Ini untuk memperbanyak fungsi program utama tadi (browser misalnya).

PNG
Portable Network Graphic, sebuah alternatif untuk GIF sebagai formula  gratis  web.

Point to point
Istilah ini biasanya digunakan dalam jaringan, dimana suatu host dengan host  lainnya terhubung secara langsung, baik melalui media kabel  maupun wireless.

Policy
Aturan terdefinisi yang menentukan penggunaan sumberdaya dalam jaringan. Policy dapat didasarkan pada pengguna, perangkat, subnetwork, jaringan atau aplikasi.

POP3
POP (Post Office Protocol) merupakan protocol  yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa perlu koneksi yang lama dari Internet. POP3 (POP - Version 3) merupakan POP yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client  untuk mengakses e-mail yang ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP Server melalui POP client.

Port
Dalam komputer jaringan, istilah ini dianggap sebagai sebuah kanal dalam sistem  komunikasi. Biasanya port ini diberi nomor logic. / Tempat, saluran, tujuan. Suatu alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peripheral lainnya. Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti external, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB.

Portable
Dapat dipindah dengan mudah

Portable document format
Disingkat dengan PDF. Suatu format dokumen buatan dari Adobe System Inc. Kelebihan dokumen ini adalah kebebasannya untuk dibuka tanpa tergantung terhadap aplikasi original pembuat dokument tersebut, hardaware maupun sistem operasi terutama untuk membuat dan membuka dokumen tersebut.




PTI 2009 OFFERING A
NIM: 109533423207 dan 109533423219

No comments:

Post a Comment