Tuesday, October 4, 2011

let's think


Pernahkah anda merasa benci terhadap seseorang karena perbuatanya? Atau anda sering mengkritik perbuatan orang lain? Atau malah anda sering menjelek-jelekan orang lain karena tindakannya?
Pernakah anda membalikkan kritikan tersebut? Pernahkan anda terpikir bahwa anda pernah berbuat apa yang dilakukan orang tersebut?
Mari kita renungkan…
Setiap orang pasti menginginkan kesempurnaan untuk dirinya. Tapi kebanyakan orang memandang “kesempurnaan” dari sudut pandang dirinya tanpa menghiraukan pandangan orang lain. Kita selalu men”cacat” setiap perilaku orang lain, selalu membicarakannya bersama teman.
Apakah kita tidak pernah berfikir bahwa belum tentu kita tidak melakukan tindakan tersebut. Melakukan apa yang selalu kita bicarakan bersama teman. Kita hanya seorang manusia yang tidak mungkin lepas dari kesalahan. Baiknya kita melihat dulu apakah setiap tindakan kita sudah benar, bukan hanya di mata kita tapi juga di mata orang lain. Dan lebih baik lagi kalau kita tidak perlu mencacat ataupun membicarakan setiap tindakan orang lain. Dan jika memang tindakannya tidak benar, baru kita mengingatkan secara langsung kepada yang bersangkutan.
Jadi ingat kata pepatah
Gajah di pelupuk mata tak terlihat, tapi semut di ujung lautan nampak jelas.

No comments:

Post a Comment